Author Topic: mohon penjelasan langkah2 menempuh SKA  (Read 5014 times)

ahmmad

  • Newbie
  • *
  • Posts: 5
  • Karma: +0/-0
mohon penjelasan langkah2 menempuh SKA
« on: June 28, 2010, 06:24:22 pm »
saya ingin bertanya mengenai langkah2 yang perlu ditempuh untuk mendapatkan SKA...

sudah beberapa kali saya baca berulang2 informasi terkait SKA di web IAI Jakarta maupun nasional.
dan karena masih bingung, saya perlu bertanya mengenai beberapa hal..

1. saya mendaftar menjadi anggota IAI angkatan 0110, saat itu iuran untuk anggota biasa adalah 180rb. apabila saya berencana akan mengajukan SKA pada periode Oktober nanti, apakah saya tetap harus membayar iurang anggota profesional 3 tahun penuh @ 400rb?
(ketika saya mendaftar anggota biasa maret lalu, di form masih 360rb. tapi sekarang sudah naik ya? di pertengahan tahun? boleh tahu penjelasannya? )

2.sementara ini yang saya tangkap, ketika saya akan mengajukan permohonan SKA Pratama, saya harus membayar  Rp 2.205.000 ?
iuran anggota profesional 3 tahun @400rb, adm 120rb, kartu 10rb, permohonan SKA Pratama 875rb..
mohon koreksi jika saya salah...

3. apakah biaya tsb termasuk pembuatan IPTB? bagai mana jika saya hanya ingin membuat SKA saja?
4. apa perbedaan memiliki SKA dan IPTB dan apa pengaruhnya?

mohon dapat ditanggapi dan dijelaskan dengan baik...
terima kasih.. :)

firman herwanto

  • Forum Administrator
  • Newbie
  • *****
  • Posts: 45
  • Karma: +0/-0
Re: mohon penjelasan langkah2 menempuh SKA
« Reply #1 on: July 02, 2010, 04:05:44 pm »
1. Angkatan 0110 memang mulai 'aktif' sejak April 2010 dg iuran masih Rp.180rb/th utk anggota biasa. Pd tgl 15 Mei 2010 lalu di acara Temu Arsitek Jakarta (rapat anggota) baru ditetapkan tentang kenaikan iuran tsb, bagi anggota biasa menjadi Rp.200rb/th dan anggota profesional Rp.400rb/th. Rencana ini sdh dibuat sejak awal tahun, namun baru dapat ditetapkan melalui mekanisme rapat anggota. Adapun nantinya, salah satu privilege bagi anggota profesional adalah tentunya keikutsertaan dalam kegiatan2 IAI dg harga yg lbh murah dibanding anggota biasa dan umum.

2. Benar. Utk pengajuan SKA, peserta diharapkan utk melunasi iuran anggota profesional selama 3th (sesuai masa berlaku SKA), biaya administrasi dan kartu anggota, serta biaya sertifikasi SKA (sesuai pilihan/kebutuhan, pratama-madya-utama).

3. Biaya utk IPTB akan ditentukan kemudian tergantung pada kelas/golongan dan rekomendasi yg diberikan oleh TAD kpd Pemda DKI. Tidak ada masalah bila anda hanya ingin membuat SKA saja, namun akan sayang bila kesempatan utk mendapatkan IPTB pun terlewati dalam sekali pengurusan.

4. Yg dimaksud dg SKA Arsitek adalah sertifikat keahlian dlm bidang arsitektur, yg menunjukkan kompetensi seorang arsitek utk berpraktek mandiri di mata asosiasi profesinya. Sedangkan IPTB (ijin pelaku teknis bangunan) adalah lisensi (surat ijin) bagi ybs utk dapat berpraktek mandiri di wilayah DKI Jakarta yg dikeluarkan oleh pemerintah DKI Jakarta. Utk dpt berpraktek di daerah selain DKI Jakarta, arsitek yg telah memiliki SKA cukup melanjutkan pengurusan IPTB di masing2 daerah tujuan prakteknya, krn setiap daerah sgt mungkin memiliki peraturan yg berbeda bagi praktek arsitek/jasa konstruksinya.

Semoga menjawab....

Mgkn masalah inipun bisa diperjelas bila masa orientasi organisasi selama 3bln di awal keanggotaan pun berjalan baik....

Salam,
Firman Herwanto
www.pavilion95.com

ahmmad

  • Newbie
  • *
  • Posts: 5
  • Karma: +0/-0
Re: mohon penjelasan langkah2 menempuh SKA
« Reply #2 on: July 05, 2010, 12:19:27 pm »
Mas Firman..

terima kasih atas penjelasannya yang singkat tapi jelas sekali..
saya dapat lebih memahaminya sekarang..

semoga pada waktunya nanti, saya dapat menempuhnya dengan lancar..

thanx a lot..
salam..  :)

Irawan

  • Newbie
  • *
  • Posts: 1
  • Karma: +0/-0
Saya ingin bertanya..
« Reply #3 on: December 07, 2010, 12:31:01 am »
Mohon maaf sebelumnya karena saya masih awam.
Saya ingin menanyakan.. pada syarat pengajuan SKA pratama terdapat telah menangani 3 proyek tata olah lengkap. Apa  yang dimaksud dengan 3 proyek tata olah lengkap . Apakah proyek mandiri (seperti pembangunan Rumah tinggal )juga termasuk di sini. Dan pengalaman kerja minimum 2 tahun , apakah bekerja di semua developer, kontraktor , konsultan , atau bekerja mandiri juga termasuk di sini?

terima kasih atas bantuannya

 

anything