Author Topic: Keuntungan seperti apakah yang diharapkan didapat dgn menjadi anggota IAI ?  (Read 6519 times)

stevejm

  • Guest
Jadi tertarik bertanya:
Sebetulnya seperti apakah yang diharapkan oleh rekan-rekan arsitek keuntungan-keuntungan yang diharapkan didapat dari IAI ya?

Kemudian kira2 'keuntungan-keuntungan' seperti apa yang bisa dituntut oleh IAI dari anggotanya ?

yphs_mst

  • Guest
Quote
Sebetulnya seperti apakah yang diharapkan oleh rekan-rekan arsitek keuntungan-keuntungan yang diharapkan didapat dari IAI ya?

Buat aku pribadi, jawabannya: professional networking.

Hadi

firman herwanto

  • Forum Administrator
  • Newbie
  • *****
  • Posts: 45
  • Karma: +0/-0
Buat aku pribadi, jawabannya: professional networking.

Networking, apapun itu akan terjadi jika masing2 pihak bisa merasakan kebutuhannya akan pihak yg lain. Saat ini IAI sudah merasakan itu, namun apakah anggota/calon anggotanya sdh mrasakan hal yg sama? Selama blm ada perasaan saling membutuhkan itu, hayuk deh bantu temen2 di organisasi buat bikin dan menjalankan medianya.

Quote
Penyebabnya adalah mahalnya membership fee pertahun, dan mrk menganggap kurang bermanfaatnya manjadi anggota AIA karena AIA sudah menjadi alat politik pemerintah dan kurang memberi manfaat buat anggotanya.
Bicara soal membership fee per tahun, di Turki (menurut cerita Farrokh Derakhsani, dir.Aga Khan Award) mrk punya cara utk bs membuat organisasi profesi mrk bs tumbuh dg sehat, yaitu dg memberlakukan sistem iuran proporsional bagi anggotanya. Bagi korporat konsultan besar hrs membayar iuran yg lbh besar (sesuai level konsultannya), sebaliknya yg freelancer/independen jg berhak membayar iuran yg lbh kecil. Dan sepengetahuan sy IAI blm menerapkan iuran yg sgt besar kok buat anggotanya...apalagi yg di daerah. Krn meskipun organisasi non-profit spt IAI ini, kt jg hrs berpikir aspek 'bisnis' dlm pengertian organisasi supaya bisa survive dan meneruskan kebutuhan anggotanya. Organisasi yg kuat akan memiliki posisi tawar/negosiasi yg kuat jg bagi pembuat kebijakan maupun pelaku pasar...
Firman Herwanto
www.pavilion95.com

stevejm

  • Guest

Buat aku pribadi, jawabannya: professional networking.

Hadi

yang dimaksud dengan Profesional Networking seperti apa ya?

yphs_mst

  • Guest
Pro Networking adalah kerja. Forum cuma salah satu alat untuk bersosialisasi. Dari sosialisasi kita bisa dapat kerja dan malah mungkin afiliasi dengan perusahaan lain (tentu mungkin juga dapat teman). Hal ini adalah dari pengalamanku bergabung di audioindonesia.com (forum audio engineering Indonesia) dan musiktek.com (Indonesia digital music community) dan menjadi moderator di situ. Dari hal sederhana sosialisasi sampai dengan kerja dan afiliasi (professional networking) sudah terlaksana. Karena bidangku sendiri sering menyentuh hal-hal yang dibicarakan arsitek, makanya aku juga berharap supaya professional networking bisa terjadi disini, cepat atau lambat.

Perkara apakah sudah terasa oleh member nya? Selama 5 tahun ++ di forum audio, hal ini terasa setelah anggota2 forum lebih aktif, membahas macam-macam topik secara aktif dan objektif. Masalahnya kapan? Itu tergantung anggota2 forum ini, dan akhirnya tergantung kemajuan forum ini (umur forum dan jumlah anggota juga memberi banyak peranan).

Itu dari pengalamanku selama ini.

Hadi

faqih S

  • Newbie
  • *
  • Posts: 1
  • Karma: +0/-0
Karena seharusnya aktif, IAI sudah mulai "populer" dikalangan mahasiswa. Sehingga ketika mereka lulus, IAI "otomatis" mewadahi profesinya.
Populer dalam arti kaidah-kaidah, standar profesi sesuai IAI dan seterusnya juga jadi semacam acuan dalam kampus.
Otomatis dalam arti, ketika mereka lulus "hanya" melengkapi administrasi saja untuk menjadi anggota.
Sementara itu, keuntungan menjadi anggota IAI mestinya lebih terasa karena:
- Setiap lulusan tersertifikasi
- Lapangan kerja bisa lebih terjamin, karena setiap yang akan mendirikan bangunan "harus" menggunakan jasa arsitek IAI.
Untuk itu memang jadi "kerja khusus" bagi pengurus IAI. Karena itu, usulan iuran proporsional saya setuju sekali.
Bagaimana mengatur itu, tentunya RUU arsitek mencakup itu semua.
Salam!

 

anything