Linked Events

  • Public Lecture Ferenc Zamolyi dan Program Residensi IAI NAs: October 23, 2012

Author Topic: Public Lecture Ferenc Zamolyi dan Program Residensi IAI NAs  (Read 2702 times)

indah sulistiana

  • Pengurus IAI
  • Newbie
  • *****
  • Posts: 1
  • Karma: +0/-0
Public Lecture Ferenc Zamolyi dan Program Residensi IAI NAs
« on: October 08, 2012, 07:23:28 pm »
Kepada seluruh rekan IAI,


Dalam rangka mempersiapkan Program Residensi Arsitektur Tradisional Nusantara yang direncanakan  sebagai program tahunan dari Badan Pelestarian dan Pengkajian Arsitektur IAI Nasional, maka kami sangat berharap rekan-sekalian untuk hadir pada kuliah umum oleh :
Ferenc  Zamolyi
Selasa, 23 Oktober 2012. Pk 19.00-selesai
Tempat : Auditorium Flamboyan
Gedung JDC lt 6
Gratis
-----------------
Ferenc Zamolyi
Lulusan arsitektur tahun 2004 dari Vienna University of Technology (TU Vienna) ini bekerja sebagai professional 3D modeller di 7Reasons (www.7reasons.at), untuk projek rekonstruksi 3D arsitektural bagi konten arkeologis museum dan pameran. Ia telah banyak mengikuti kursus praktek dari para tukang kayu, pemahat, pengrajin logam dan teknik tradisional lainnya di Eropa. Ia juga mengajar di TU Vienna sejak 2005 pada aspek teknik arsitektur tradisional dengan berbagai praktikal workshop. Saat ini sedang mengerjakan riset doktoralnya,"Traditional house typologies and their change in Eastern Indonesia". Di Indonesia Ia telah melakukan riset dan dokumentasi arsitektur tradiisonal sejak tahun 2004 di  Yogjakarta, Sulawesi, Timor, Adonara, Lembata, Alor, Kalimantan Barat, Nias dan saat ini sedang dalam perjalanan riset di Lombok dan Sumbawa. Ia banyak mengamati bagaimana masyarakat lokal dan tukang kayu membangun rumahnya dalam beberapa macam cara. Saat ini bergabung dalam ASSIP (Architecture, Space, and Society in Post Disaster Built Environment in Indonesia) oleh TU Vienna dan bertugas untuk menganalisa perubahan-perubahan yang telah terjadi pada arsitektur tradisional yang saat ini fokus di Nias dan Yogyakarta.
Dalam presentasinya Ferenc Zamolyi hendak menunjukkan tempat-tempat dimana saja di Indonesia dimana tradisi masih berjalan dalam kehidupan sehari-hari dan menjadi aspek utama dalam cara membangun.Ia percaya bahwa arsitektur tradisional adalah “living tradition”, dan banyak yang masih bisa diterapkan atau diadaptasi oleh para arsitek.

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Presentasi dan diskusi dengan Ferenc Zamolyi adalah langkah awal untuk mengundang semua pihak yang berniat untuk bergabung dan bekerja sama dalam program Residensi Arsitektur Tradisional Nusantara serta melakukan koordinasi dokumentasi yang telah dilakukan pada arsitektur tradisional di Indonesia.

Residensi Arsitektur Tradisional Nusantara I – “Memayu” di Kabuyutan Trusmi, Cirebon.  3-5 November 2012.
Memayu adalah tradisi penggantian atap bangunan yang terbuat dari alang-alang (welit) di dalam kompleks Kabuyutan Trusmi yang dilakukan oleh warga masyarakat Trusmi secara gotong royong, mandiri dan berkelanjutan setiap tahun sebagai wujud bakti terhadap leluhur yang disertai dengan upacara dan arak-arakan. 

Bagi semua rekan yang tertarik untuk mendapatkan pengalaman serta pengetahuan cara membangun tradisional dengan berpartisipasi langsung dalam Memayu, kami mengundang Anda hadir pada FGD (Focus Group Discussion) sebagai persiapan pada


Rabu, 24 Oktober 2012 . Pk. 19.00 – pk 21.00
Ruang Meeting JDC Lt 7.
info : iai.nasional@gmail.com
Telp : (021) 5304724
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Residensi Arsitektur Tradisional Nusantara adalah program IAI Nasional yang dipersipakan bagi para arsitek professional maupun mahasiswa untuk terlibat dalam proses restorasi/rekonstruksi/ rehabilitasi bangunan tradisional yang dikerjakan secara partisipatif oleh masyarakat adat lokal di Nusantara dengan  tinggal dan bekerja magang pada ahli tukang lokal. Tujuannya adalah untuk mempelajari ketrampilan teknis konstruksi dan mendapatkan pengetahuan cara membangun tradisional  dalam konteks budayanya untuk menyempurnakan kecakapan keahlian arsitek. 
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

 

anything